Langsung ke konten utama

Guru Inspiratif

Guru adalah seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan yang kemudian ditransferkan kepada orang yang tidak mengetahui ilmu tersebut. Guru adalah suatu profesi dimana profesi sebagai guru sangat mulia karena profesi ini amal ibadahnya tidak ada putus-putusnya. Menjadi seorang guru harus mampu mentransformasikan seluruh akhlak dan sikap yang kurang baik menjadi amal yang terpuji untuk peserta didiknya. Guru sebagai pendidik adalah guru yang memiliki keikhlasan untuk memberikan ilmu dan mendidik peserta didiknya. Ketika seorang guru yang tidak ikhlas mengajar dan mendidik peserta didiknya maka apa yang dilakukannya adalah sia-sia.
Ketika kita mendengar kata guru mungkin yang terbersit di benak dalah seseorang yang menggantikan peran orang tua di sekolah dan siap untuk membimbing anak-anak mereka dalam sebuah pelajaran. Tidak sedikit guru yang memiliki sosok menyeramkan dan membuat beberapa peserta didiknya merasa tegang saat berada di sekolah. Tetapi kita tentunya ingin menjadi guru yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan menginspirasi peserta didik kita untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat. Menjadi seorang guru yang selalu dirindukan oleh peserta didiknya.
Tugas seorang guru bukanlah hanya sekedar mengajar atau mentransfer ilmu pengetahuan,tetapi lebih dari itu guru harus mampu memberikan inspirasi bagi peserta didiknya. Sosok guru inspiratif adalah guru yang ketika berbicara mampu menyejukkan hati anak didiknya, sikapnya yang perhatian mampu menumbuhkan cinta dalam dirinya, kehadirannya di kelas dirindukan oleh anak didiknya dan sikapnya mampu diteladani.
Jika kita mampu melakukan hal seperti itu maka kita termasuk guru favorit di mata peserta didik kita. Ketika sudah mendapat predikat guru favorit, maka inilah kesempatan bagi kita untuk membangun peserta didik agar menjadi sosok generasi berakhlak dan berilmu tentu dengan memanfaatkan peluang karena kata-kata kita didengar dan sikap kita bisa diteladani.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudah Mengakses Data dengan Google Drive

  Mudah Mengakses Data dengan Google Drive Masalah BDR yang diberlakukan saat masa pandemik membawah berbagai masalah bagi hampir keseluruhan guru dan peserta didik. Pembelajaran dilaksanakan secara online, pengisian daftar hadir yang harus menyertakan bukti pelaksanaan kegiatan, dan pengiriman tugas oleh peserta didik ke classroom tidak maksimal karena penyimpanan yang terbatas sehingga banyak guru-guru yang mengeluh daftar hadirnya tidak bisa terkirim, begitu juga dengan peserta didik banyak tugas-tugasnya yang tidak bisa terkirim karena drivenya penuh. Dampak Kehadiran akun belajar.id membawah angin segar bagi para guru dan peserta didik. Guru dan peserta didik tidak lagi mengalami kesulitan dalam penyimpanan dokumen dan pengelolaan file dalam drive mereka karena penyimpanan yang tanpa batas. Selain itu guru dapat memberikan informasi pada orang tua peserta didik tentang kemajuan belajar putra putrinya melalui fitur undang wali yang terdapat pada classroom. selain fitur undang wali